PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER POSITIF SISWA SD LABORATORIUM UNDIKSHA

Lestari, Ni Luh Putu Ana Ayu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER POSITIF SISWA SD LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011041-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011041-ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011041-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional serta mendeskripsikan dampaknya terhadap karakter positif siswa kelas V SD Laboratorium Undiksha. Jenis penelitian ini adalah mixed methods, yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan post-test only control grup design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 78 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Data kuantitatif diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan data kualitatif diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket sikap karakter siswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Karakter positif siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL berorientasi kearifan lokal tergolong positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karakter positif, kearifan lokal, kemampuan pemecahan masalah matematika, model pembelajaran PBL
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Ana Ayu Lestari
Date Deposited: 22 Oct 2019 06:54
Last Modified: 22 Oct 2019 06:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item