Cahyawati, Nilam (2020) PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DIPONEGORO KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061029-COVER.pdf Download (623kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061029-ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1611061029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (147kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1611061029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611061029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1611061029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061029-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (248kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061029-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan metode total physical response (TPR) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalen control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK, yang berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Diponegoro yang berjumlah 17 anak sebagai kelompok eksperimen serta anak kelompok B2 TK Diponegoro yang berjumlah 19 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dengan pengukuran skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji-t yaitu t-hitung = 15,093 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (db) 34 adalah 2,032. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t-hitung>t-tabel, maka H0 ditolak dan HA diterima, maka terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, Implikasi penelitian ini adalah model metode pembelajaran total physical response (TPR) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak sehingga dapat diterapkan guru pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Jadi dapat dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran total physical response (TPR) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Diponegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata-kata Kunci: total physical response, anak kelompok B, kosakata bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | total physical response, anak kelompok B, kosakata bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Nilam Cahyawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 08:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 08:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3549 |
Actions (login required)
View Item |