PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DIPONEGORO KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Cahyawati, Nilam (2020) PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DIPONEGORO KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061029-COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061029-ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1611061029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1611061029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611061029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1611061029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061029-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061029-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan metode total physical response (TPR) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalen control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK, yang berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Diponegoro yang berjumlah 17 anak sebagai kelompok eksperimen serta anak kelompok B2 TK Diponegoro yang berjumlah 19 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dengan pengukuran skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji-t yaitu t-hitung = 15,093 dan ttabel dengan taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (db) 34 adalah 2,032. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t-hitung>t-tabel, maka H0 ditolak dan HA diterima, maka terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, Implikasi penelitian ini adalah model metode pembelajaran total physical response (TPR) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak sehingga dapat diterapkan guru pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Jadi dapat dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran total physical response (TPR) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Diponegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata-kata Kunci: total physical response, anak kelompok B, kosakata bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: total physical response, anak kelompok B, kosakata bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Nilam Cahyawati
Date Deposited: 29 Jul 2020 08:53
Last Modified: 29 Jul 2020 08:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3549

Actions (login required)

View Item View Item