Pengaruh Teknik Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019

Dewi, Luh Anggralia Purnama (2020) Pengaruh Teknik Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
1511061060-COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text
1511061060-ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
1511061060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (816kB)
[img] Text
1511061060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1511061060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1511061060-BAB 4 HASIL DANPEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text
1511061060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
1511061060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (818kB)
[img] Text
1511061060-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan motorik halus antara kelompok anak yang dibelajarkan teknik kolase dengan kelompok anak yang dibelajarkan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain non-equivalen post-test only kontrol group desaign. Sebanyak 18 orang anak Kelompok B3 TK Dharma Suda Singaraja dilibatkan sebagai kelompok eksperimen dan 15 orang anak kelompok B1 TK Aisyiyah dilibatkan sebagai kelompok kontrol. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan lembar observasi (check list), serta wawancara, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik infirensial uji-t diperoleh thitung = 3,15 dan ttabel = 2,04 pada taraf signifikansi 5% dengan db = 31, dengan membandingkan hasil thitung dengan ttabel yang dimana thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus kelompok anak yang dibelajarkan teknik kolase dengan kelompok anak yang dibelajarkan metode konvensional. Kata Kunci: Motorik Halus, Konvensional, Teknik Kolase.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keyword1, keyword2, keyword3,
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Luh Anggralia Purnama Dewi
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:43
Last Modified: 29 Jul 2020 14:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item