Pengembangan Hypermedia Pembelajaran pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran 2018/2019

Putra, Ketut Agus Asta (2019) Pengembangan Hypermedia Pembelajaran pada Materi Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313021032-COVER.pdf

Download (836kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313021032-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313021032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313021032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313021032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313021032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1313021032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313021032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313021032-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa hypermedia pembelajaran pada materi getaran harmonis yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick & Carey. Langkah-langkah pengembangannya meliputi: (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap pembuatan media, (3) uji ahli isi, media, dan desain, dan (4) uji siswa perorangan, kelompok kecil, lapangan, dan guru. Subjek dari penelitian ini terdiri 2 orang ahli isi, 2 orang ahli media, 2 orang ahli desain, 9 orang siswa dalam uji perorangan, 27 orang siswa dalam uji kelompok kecil, 1 orang guru, dan 34 orang siswa kelas X4 di SMA Negeri 1 Seririt dalam uji lapangan. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes prestasi belajar. Angket digunakan untuk mengumpulkan data uji ahli, tanggapan siswa, dan tanggapan guru, sedangkan tes prestasi belajar digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari teknik validitas dengan formula Gregory untuk menganalisis hasil penilaian ahli isi, media, dan desain, teknik analisis deskriptif persentase untuk menganalisis tanggapan siswa dan guru, dan uji-t untuk menganalisis hasil uji coba lapangan. Hasil penilaian dari para ahli adalah sebagai berikut: validitas dari ahli isi sebesar 0,93 berada pada kategori sangat tinggi, validitas dari ahli media sebesar 0,97 berada pada kategori sangat tinggi, dan validitas dari ahli desain sebesar 0,73 berada pada kategori tinggi. Hasil uji siswa perorangan, kelompok kecil, lapangan, dan guru diperoleh hasil: perorangan 87,97% dengan kualifikasi baik, kelompok kecil 91,11% dengan kualifikasi sangat baik, lapangan 90,07% dengan kualifikasi sangat baik, dan guru 92,00% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis uji-t dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan hypermedia pembelajaran. Nilai rata-rata pretest prestasi belajar siswa kelas X4 adalah 24,85 dengan SD = 18,31 dan nilai rata-rata posttest-nya adalah 82,79 dengan SD = 7,09. Dilihat dari kriteria keberhasilan produk, diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100% (semua siswa mencapai nilai individu lebih besar daripada KKM = 70). Berdasarkan data prestasi belajar yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan hypermedia pembelajaran secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hypermedia pembelajaran, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ketut Agus Asta Putra
Date Deposited: 23 Oct 2019 00:58
Last Modified: 23 Oct 2019 00:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item View Item