Merianjani, Ni Nengah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA siswa Kelas IV di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031311-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031311-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031311-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (512kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031311-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031311-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031311-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031311-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031311-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (364kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031311-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Bangli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy exsperiment) menggunakan rancangan Non equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Bangli berjumlah 115 siswa dan sampel penelitian berjumlah 53 siswa yang diambil dengan random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dan non-tes berupa kuesioner dan instrument hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes obyektif pilihan ganda. Analisis data menggunakan statistik dengan rumus MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2019/2020, 2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2019/2020 dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining secara simultan terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2019/2020. Jadi, model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Bangli tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nengah Merianjani |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 14:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 14:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3624 |
Actions (login required)
View Item |