Pengembangan Skala Empati Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Putri, Niwayananindita (2020) Pengembangan Skala Empati Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611011008-COVER.pdf.pdf

Download (988kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611011008-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1611011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1611011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1611011008-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (335kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611011008-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur dan menguji kelayakannya sehingga menghasilkan instrument yang valid dan reliabel dalam megukur tingkat empati pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) melalui empat tahapan pengembangan. Pengujian validitas melibatkan lima orang pakar dan praktisi bimbingan konseling untuk menilai kelayakan instrumen yang dikembangkan yang terdiri dari 30 item pernyataan. Sedangkan pengujian reliabilitas melibatkan 69 responden siswa SMP yang disebar melalui googleform . Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, instrumen empati untuk siswa SMP yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas serta termasuk kedalam kategori validitas dan reliabilitas tinggi dengan nilai validitas 0,86 dan reliabilitas 0,787. Sehingga instrument skala empati untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat dikatakan layak untuk mengukur empati pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Skala Emapti, Validitas & Reliabilitas, R&D
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: NI WAYAN ANINDITA PUTRI
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:14
Last Modified: 30 Jul 2020 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item