Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tembuku Tahun Pelajaran 2019/2020

Widyawati, Ni Kadek Ayu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tembuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031349-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031349-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031349-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031349-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031349-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031349-BAB 4 HASIL DAN PEBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031349-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031349-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031249-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples berbantuan media Power Point terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tembuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu Eksperimen Semu dengan desain penelitian Non-equivalent Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tembuku yang berjumlah 134 orang. Sampel diambil dengan cara simple random sampling sebanyak 2 kelas, sehingga diperoleh sampel kelas V SD Negeri 2 Undisan yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol dan SD Negeri 3 Tembuku berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal. Data yang dikumpulkan yaitu data hasil belajar IPA yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yaitu mendapatkan rata-rata hasil post-test pada kelompok eksperimen sebesar 20,90 dan pada kelompok kontrol sebesar 17,36. Data dianalisis menggunakan uji t dan diperoleh hasil t¬hitung sebesar (5,06) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil ttabel sebesar (2,02). Hal ini berarti bahwa (t-hitung > ttabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan dan kelompok siswa yang tidak diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples berbantuan power point. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples berbantuan media Power Point berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Tembuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata-kata kunci: examples non examples, power point, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: examples non examples, power point, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ayu Widyawati
Date Deposited: 29 Jul 2020 14:47
Last Modified: 29 Jul 2020 14:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item View Item