Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bangli

Novidyantari, Ni Luh Putu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning dan Kepercayaan Diri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bangli. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1613021005-COVER.pdf

Download (535kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021005-ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text (BAB 3 MATODELOGI PENELITIAN)
1613021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021005-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan model reguler (NONPBL), mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi, mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, dan mendeskripsikan pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMAN 2 Bangli dengan anggota 113 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random assignment untuk menentukan empat kelas sebagai sampel keseluruhan berjumlah 80 orang. Data keterampilan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa diperoleh dari nilai tes keterampilan berpikir kritis dan kuesioner kepercayaan diri yang dilaksanakan berbantuan e-learning. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kovarian (ANAKOVA) dua jalur. Hasil penelitian ini mengungkap pertama, terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa akibat perbedaan model pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi diraih oleh siswa yang menerima perlakuan model PBL. Kedua, terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Ketiga, terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. Keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi diraih oleh siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Keempat, adanya pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan kepercayaan diri terhadap keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah (PBL), model reguler (NONPBL), keterampilan berpikir kritis, kepercayaan diri, e-learning, pembelajaran fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Novidyantari
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:24
Last Modified: 30 Jul 2020 03:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3686

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item