Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Self Achievment Siswa

Artini, Ketut Yuli (2020) Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Self Achievment Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611011003-COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611011003-ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1611011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611011003- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611011003-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMA Negri dengan subjek penelitian siswa kelas X dengan jumlah 39 orang. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa di kelas X yang mengalami self achievement rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan self achievement siswa. Penelitian eksperimen menggunakan pretest-postet Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel penelitian ini terdiri dari 77 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu melalui teknik purposive sampling, 39 siswa di tetapkan sebagi kelompok eksperimen yaitu kelas X IBB 1 dan 38 siswa merupakan kelompok kontrol yaitu kelas X IPS 1. Data penelitian ini dianalisis dengan independent sampel t-test menggunakan aplikasi software JASP dan d’Cohen untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil penelitian mendapatkan t = 24.95, p < 0.05. Pengujian Effect Size (ES) menunjukkan keefektifan yang tinggi = (ES 5.69 ). Hasil tersebut membuktikan bahwa: (1) Self Achivement siswa sebelum diberikan konseling behavioral teknik self management berada pada kategori rendah, sedeangkan setelah diberikan konseling behavioral teknik self management mengalami peningkatan atau berada pada kategori tinggi. Konseling behavioral teknik self management efektif untuk meningkatkan self achievement siswa. Untuk itu kepada guru BK diharapkan menggunakan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan self aschievment siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ketut Yuli Artini
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:13
Last Modified: 30 Jul 2020 03:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3698

Actions (login required)

View Item View Item