PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI

Setiawati, Kadek Sri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629121002-COVER.pdf

Download (282kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629121002-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629121002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629121002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629121002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629121002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1629121002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629121002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629121002-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan “treatment by level” dengan dua ketegori 2x2. Sampel penelitian berjumlah 48 orang dipilih berdasarkan kategori minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis varian (ANAVA) dua jalur dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar senam lantai pada siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan 9,092>2,014, 2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai dengan 164,229>2,014, 3) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar senam lantai (jigsaw dan konvensional) dengan kelompok siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang nilai signifikansinya = 9,141>2,063 dan 4) Terdapat perbedaan pengaruh hasil belajar senam lantai (jigsaw dan konvensional) dengan kelompok siswa yang memiliki minat belajar rendah yang nilai signifikansinya = 4,949>2,063. Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar senam lantai. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hendaknya mempertimbangkan tingkat minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, minat belajar, hasil belajar, senam lantai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Kadek Sri Setiawati
Date Deposited: 30 Jul 2020 08:54
Last Modified: 30 Jul 2020 08:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item