Ariyati, I Gusti Agung Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PASAR TRADISIONAL TERHADAP LITERASI EKONOMI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 KEDIRI KABUPATEN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829091009-COVER.pdf Download (419kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829091009-ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829091009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi, (2) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap hasil belajar,(3) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan the posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 170 siswa. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas yang diuji kesetaraannya menggunakan uji-t, kemudian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen secara random sampling dengan teknik undian. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif anava satu jalur dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan Fhitung = 10,157 (p = 0,000 < 0,05), (2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan Fhitung = 8,566 (p = 0,000 < 0,05), (3) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan nilai F-Wiks’Lambda = 11,619 (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional berpengaruh terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pasar Tradisional, Literasi Ekonomi, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | I Gusti Agung Putu Ariyati |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 03:53 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 03:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3898 |
Actions (login required)
View Item |