PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PASAR TRADISIONAL TERHADAP LITERASI EKONOMI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 KEDIRI KABUPATEN TABANAN

Ariyati, I Gusti Agung Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PASAR TRADISIONAL TERHADAP LITERASI EKONOMI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 KEDIRI KABUPATEN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829091009-COVER.pdf

Download (419kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829091009-ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829091009-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi, (2) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap hasil belajar,(3) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan the posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 170 siswa. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas yang diuji kesetaraannya menggunakan uji-t, kemudian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen secara random sampling dengan teknik undian. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif anava satu jalur dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan Fhitung = 10,157 (p = 0,000 < 0,05), (2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan Fhitung = 8,566 (p = 0,000 < 0,05), (3) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan nilai F-Wiks’Lambda = 11,619 (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional berpengaruh terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pasar Tradisional, Literasi Ekonomi, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I Gusti Agung Putu Ariyati
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:53
Last Modified: 07 Aug 2020 03:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item