Kristayani, Ni Made Diah (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA SMA NEGERI 4 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829091007-COVER.pdf Download (521kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829091007-ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929091007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829091007-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) secara simultan perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn antara siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional. (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dibandingkan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Konvensional, serta (3) hasil belajar PPKn siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian termasuk quasi experiment dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 320 orang, yang terbagi atas 10 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian berupa skor keterampilan berpikir kritis dan skor hasil belajar PPKn, yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes. Untuk hipotesis I data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji MANOVA, sedangkan untuk hipotesis II dan hipotesis II, data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh, bahwa (1) secara simultan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn antara siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (3) hasil belajar PPKn siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPPKB, Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Ni Made Diah Kristayani |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 03:49 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 03:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3899 |
Actions (login required)
View Item |