PENGARUH BIMBINGAN BERKELANJUTAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKSANAKAN ASESMEN AUTENTIK PADA GURU TK DI KECAMATAN BANJAR

SRINADI, NI NYOMAN (2020) PENGARUH BIMBINGAN BERKELANJUTAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKSANAKAN ASESMEN AUTENTIK PADA GURU TK DI KECAMATAN BANJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (Cover)
1829031001-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
1829031001-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
1829031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Teori)
1829031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1829031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
1829031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5 Penutup)
1829031001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
1829031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (Lampiran)
1829031001-LAMPIRAN.pdf

Download (898kB)

Abstract

PENGARUH BIMBINGAN BERKELANJUTAN TERHADAP KEMAMPUAN MELAKSANAKAN ASESMEN AUTENTIK PADA GURU TK DI KECAMATAN BANJAR NI NYOMAN SRINADI, NIM 1829031001 Program Studi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan berkelanjutan terhadap kemampuan melaksanakan asesmen autentik pada guru TK di Kecamatan Banjar. Metode penelitian menggunakan Nonequivalen Post Test Only control group design. Populasi penelitian sebanyak 77 guru TK yang tersebar dalam 23 TK yang ada di Kecamatan Banjar. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh (semua populasi digunakan sebagai sampel), sampel dibagi menjadi dua kelompok dengan pemilihan anggota secara acak: 38 nama pertama sebagai kelompok eksperimen dan 38 sisanya sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok sampel diasumsikan setara karena semua anggota belum pernah mengikuti pelatihan/supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan melakukan penilaian autentik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah diklat bimbingan berkelanjutan sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan melaksanakan asesemen autentik yang mengukur langsung prilaku peserta didik. Data penelitian dikomputasi analisis statistik deskriptif dan uji t menggunakan software IBM SPSS 26 for Windows. Hasil analisis data diperoleh nilai t hitung 15,447 dengan P 0,000<0,05; nilai rerata kemampuan melaksanakan asesmen autentik kelompok eksperimen (81,16) jauh lebih baik dibandingkan kelompok kontrol (40,00). Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan berkelanjutan terhadap kemampuan melaksanakan asesmen autentik pada guru TK di Kecamatan Banjar. Dimana bimbingan berkelanjutan lebih mampu meningkatkan kemampuan guru TK di Kecamatan Banjar melakukan penilaian autentik. Kata kunci: pengaruh, bimbingan berkelanjutan, kemampuan melaksanakan asesmen autentik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, bimbingan berkelanjutan, kemampuan melaksanakan asesmen autentik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Srinadi
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:19
Last Modified: 07 Aug 2020 13:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item