EVALUASI WEBSITE SISTEM INFORMASI PERENCANAAN STUDI STMIK STIKOM INDONESIA DITINJAU DARI PENGGUNA MAHASISWA MENGGUNAKAN TEKNIK WEBQUAL 4.0, FIRSTCLICK, DAN HEURISTIK

Dewi, Ni Wayan Jeri Kusuma (2020) EVALUASI WEBSITE SISTEM INFORMASI PERENCANAAN STUDI STMIK STIKOM INDONESIA DITINJAU DARI PENGGUNA MAHASISWA MENGGUNAKAN TEKNIK WEBQUAL 4.0, FIRSTCLICK, DAN HEURISTIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1729101046-COVER)
1729101046-COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729101046-ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729101046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (580kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729101046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (1729101046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729101046-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1729101046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729101046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729101046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729101046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729101046-LAMPIRAN.pdf

Download (751kB)

Abstract

EVALUASI WEBSITE SISTEM INFORMASI PERENCANAAN STUDI STMIK STIKOM INDONESIA DITINJAU DARI PENGGUNA MAHASISWA MENGGUNAKAN TEKNIK WEBQUAL 4.0, FIRSTCLICK, DAN HEURISTIK Oleh: Ni Wayan Jeri Kusuma Dewi, NIM 1729101046 ABSTRAK SIPERI merupakan singkatan dari Sistem Informasi Perencanaan Studi yang dikembangkan berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan dalam perencaaan kartu studi mahasiswa, melihat data nilai, serta untuk melihat mata kuliah yang ditawarkan tiap semesternya di STMIK STIKOM Indonesia (STIKI). Sejak digunakan dari tahun 2017, SIPERI belum pernah dilakukan evaluasi oleh pengguna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi SIPERI dengan menggunakan teknik FirstClick, WebQual dan Heuristik berdasarkan aspek usability dengan responden sebanyak 20 orang, yang terdiri dari 10 responden pemula dan 10 responden mahir. Hasil dari evaluasi akan dijadikan sebagai rekomendasi perbaikan ke depannya, agar SIPERI bisa memberikan layanan yang lebih baik lagi. Dalam aspek usability yang diukur adalah efisiensi, error, dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukan dari sisi pengguna mahasiswa bahwa SIPERI STIKI sudah efisien dikarenakan terdapat 14 dari 15 tugas tidak memiliki perbedaan waktu pengerjaan yang signifikan. Namun dilihat dari presentase error atau kesalahan responden pemula untuk tugas 10 dan 14 masing-masing adalah 20%, sedangkan untuk responden mahir tugas 3, tugas 5, tugas 10, tugas 11, tugas 12, dan tugas 14 masing-masing 10%, maka dapat dikatakan bahwa pada halaman SIPERI STIKI belum efektif. Sedangkan dari aspek kepuasan pengguna mahasiswa, responden puas dalam menggunakan SIPERI STIKI, hal ini dapat dilihat dari skor kuesioner sebesar 61,67. Untuk rekomedasi perbaikan, permasalahan diperoleh dari pengguna expert yang memahami aspek usability dengan teknik Heuristik. Perbaikan dilakukan pada halaman utama (Dashboard), Halaman Hasil Studi, Halaman Data Diri dengan membuat wireframe. Wireframe merupakan kerangka dasar dari halaman atau screen yang akan peneliti buat. Dengan adanya evaluasi pada SIPERI diharapkan dapat mengetahui tingkat kepuasan pengguna, memberikan pelayanan yang lebih baik lagi serta untuk meningkatkan kinerja dari SIPERI. Namun karena keterbatasan waktu, peneliti hanya melakukan evaluasi SIPERI untuk mengkur efisiensi, kesalahan (error), dan kepuasan pengguna. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan bisa melakukan evaluasi efisiensi, kesalahan (error), dan kepuasan pengguna dengan metode yang berbeda atau peneliti selanjutnya bisa melakukan evaluasi pada aspek usability dimensi lainnya yaitu kualitas informasi (Information Quality) dan kualitas intraksi pelayanan (Service Intranction Quality) sehingga akan memproleh hasil lebih baik untuk kemajuan SIPERI. Kata kunci: Aplikasi SIPERI, user experience, firstClick, webqual, heuristik evaluation.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi SIPERI, user experience, firstClick, webqual, heuristik evaluation.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2)
Depositing User: Ni Wayan Jeri Kusuma Dewi
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:15
Last Modified: 10 Aug 2020 08:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item