SARI, GUSTI AYU AGUNG PUTRI NIRMALA (2020) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS NILAI-NILAI TOLERANSI DAN NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NASIONAL DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829091005-COVER.pdf Download (387kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829091005-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829091005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan handout IPS berbasis nilai toleransi dan nasionalisme yang teruji kelayakan, kepraktisan dan keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Nasional Denpasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan model 4D. Pengujian lapangan dilakukan di kelas VIII B dan D SMP Nasional Denpasar dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah 1 ahli isi dan ahli media, 1 ahli desain, 1 orang guru, dan 34 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket penilaian dan tes hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) telah dihasilkannya produk berupa handout IPS berbasis nilai toleransi dan nasionalisme yang mampu meningkatkan hasi belajar siswa, 2) ahli isi dan media menyatakan bahwa produk pengembangan telah sesuai dan ahli desain menyatakan produk dalam kategori layak dengan skor rata-rata 3,5, 3) uji perorangan menunjukkan kategori layak dengan skor rata-rata 3,23, 4) penilaian siswa terhadap handout pembelajaran dengan IPS diperoleh skor rata-rata 3,14 dengan kategori layak, 5) t hitung = 5,839, t tabel = 1,66827 hasil perhitungan menunjukkan t hitung > dari t tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa 80,588 lebih besar dari KKM mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Nasional Denpasar 75, setelah menggunakan handout. Penolakan H0 menunjukkan produk sudah memenuhi kriteria kelayakan, 6) rata-rata skor post-test sudah melebihi KKM yang ditetapkan sehingga produk sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Simpulan diperoleh bahwa handout IPS berbasis nilai toleransi dan nasionalisme telah layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout IPS berbasis nilai toleransi dan nasionalisme, Hasil belajar siswa ranah kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | GUSTI AYU AGUNG PUTRI NIRMALASARI |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 06:56 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 06:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3974 |
Actions (login required)
View Item |