PENGEMBANGAN SUPLEMEN MATERI IPS DENGAN PEMANFAATAN POTENSI BUDAYA MASYARAKAT BERLANDASKAN TRI HITA KARANA DI SMP WIDIATMIKA JIMBARAN

Herliani, Isty Bunga (2020) PENGEMBANGAN SUPLEMEN MATERI IPS DENGAN PEMANFAATAN POTENSI BUDAYA MASYARAKAT BERLANDASKAN TRI HITA KARANA DI SMP WIDIATMIKA JIMBARAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829091010-COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829091010-ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091010-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829091010-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kondisi pembelajaran IPS di SMP Widiatmika, (2) mengembangkan suplemen materi IPS dengan pemanfaatan potensi budaya masyarakat berlandaskan Tri Hita Karana, (3) menguji efektivitas produk hasil pengembangan suplemen materi IPS. Lokasi penelitian di SMP Widiatmika Jimbaran dan Banjar Teba Jimbaran. Penelitian dan pengembangan pendidikan ini terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dan uji coba terbatas. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif untuk tahap define, design, dan develop, serta deskriptif kuantitatif untuk tahap uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan (1) kondisi pembelajaran IPS di SMP Widiatmika secara umum baik, dan pada aspek pembelajaran IPS,terdapat kendala utama yaitu sumber belajar yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS dan belum bersifat kontekstual. (2) Model pengintegrasian materi IPS berdasarkan potensi utama daerah, dijadikan sebagai pedoman pengembangan suplemen materi IPS, yang telah diuji kelayakannya dan terkategori baik. (3) Suplemen materi IPS yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Potensi Budaya, Sumber Belajar IPS, Tri Hita Karana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Isty Bunga Herliani
Date Deposited: 16 Oct 2020 01:34
Last Modified: 16 Oct 2020 01:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4022

Actions (login required)

View Item View Item