SUARSINI, NI WAYAN DERI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829091014-COVER.pdf Download (302kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829091014-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829091014-LAMPIRAN.pdf Download (406kB) |
Abstract
Tujuan penelitian (1) menjelaskan karakteristik pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, (2) menganalisis pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram. Lokasi penelitian di SMA N 5 Denpasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif untuk karakteristik dan proses pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram, serta deskriptif kuantitatif untuk efektivitas pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan (1) Media sosial Instagram sebagai media pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk mengerti materi ajar, karena penyampaian menampilkan foto dan video serta penjelasan materi pembelajaran. (2) Proses pengembangan media sosial Instagram terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (3) Media pembelajaran berbasis media sosial Instagram yang dikembangkan efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Media Sosial Instagram, Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Deri Suarsini |
Date Deposited: | 18 Oct 2020 10:56 |
Last Modified: | 18 Oct 2020 10:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4044 |
Actions (login required)
View Item |