PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 5 DENPASAR

SUARSINI, NI WAYAN DERI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829091014-COVER.pdf

Download (302kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829091014-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829091014-LAMPIRAN.pdf

Download (406kB)

Abstract

Tujuan penelitian (1) menjelaskan karakteristik pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, (2) menganalisis pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram. Lokasi penelitian di SMA N 5 Denpasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif untuk karakteristik dan proses pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram, serta deskriptif kuantitatif untuk efektivitas pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan (1) Media sosial Instagram sebagai media pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk mengerti materi ajar, karena penyampaian menampilkan foto dan video serta penjelasan materi pembelajaran. (2) Proses pengembangan media sosial Instagram terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (3) Media pembelajaran berbasis media sosial Instagram yang dikembangkan efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Sosial Instagram, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Ni Wayan Deri Suarsini
Date Deposited: 18 Oct 2020 10:56
Last Modified: 18 Oct 2020 10:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item