PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PECAHAN UNTUK MENDUKUNG PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII

Cahyady, Putu Fendy Anggara (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PECAHAN UNTUK MENDUKUNG PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011054- COVER.pdf

Download (12MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011054-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011054-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011054-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011054-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011054-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011054-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011054-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk membantu siswa memahami konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran materi pecahan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII di SMPN 3 Seririt. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data menggunakan angket yang berupa angket evaluasi ahli, angket respon guru, dan angket respon siswa, serta tes yang berupa tes awal dan tes akhir. Media pembelajaran disusun dengan pendekatan pembelajaran saintifik, sehingga membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penggunaan media pembelajaran juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; pecahan; ADDIE; pendekatan pembelajaran saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Fendy Anggara Cahyady
Date Deposited: 20 Oct 2020 01:41
Last Modified: 20 Oct 2020 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item