Syaifullah, Asep (2020) Pengembangan Video Pembelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan di Kawasan Danau Batur Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA. Undergraduate thesis, Unversitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041031-COVER.pdf Download (334kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041031-ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041031-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas produk media video pembelajaran (2) tingkat efektivitas video pembelajaran pada mata pelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan di kawasan Danau Batur sebagai media belajar siswa kelas X di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian reserch and development (R&D) dengan tujuan menghasilkan berupa produk media video pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 di SMAN 1 Sawan dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Prosedur penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) produk media video pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini sangat layak untuk digunakan sebagai media belajar siswa kelas X di SMA dengan tingkat validitas dari para ahli sebesar 89,3% dari ahli isi mata pelajaran dan 94% dari dua ahli desain pembelajaran, 80% dari ahli media pembelajaran (2) tingkat validitas dari uji coba tehadap siswa dengan presentase 92% uji coba perorangan, 92% uji coba kelompok kecil, 94,11% uji coba lapangan (3) efektifitas media video pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dengan ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 82,85%. Hal ini menunjukkan media video pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran disekolah dan dapat dijadikan media belajar materi pencemaran lingkungan siswa kelas X di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Materi Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | ASEP SYAIFULLAH |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 01:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 01:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4090 |
Actions (login required)
View Item |