Wulandari, Ni Luh Putu Wiwik (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071032-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071032-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (479kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071032-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan karakteristik, tingkat kevalidan, dan tingkat keterbacaan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate) namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap develop. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik, validitas dan tingkat keterbacaan perangkat pembelajaran. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sebagai berikut. Perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing menggunakan tema pencemaran lingkungan, menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang membantu peserta didik menemukan sendiri konsep yang sedang dipelajari dan disajikan secara terpadu yaitu mengaitkan bidang kimia, fisika, dan biologi dalam setiap pertemuannya. Tingkat kevalidan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tergolong dalam kategori sangat valid, dapat dilihat dari skor rata-rata angket sebesar 4,3.Tingkat keterbacaan perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tergolong dalam kategori sangat baik, dapat dilihat dari skor rata-rata angket sebesar 4,4. Perangkat pembelajaran IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | NI LUH PUTU WIWIK WULANDARI |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 01:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4104 |
Actions (login required)
View Item |