PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SEMARAPURA

Juliadi, I Kadek Yudi Ari (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021021-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021021-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021021-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi android untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Model 4-D dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Model 4-D terdiri atas empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini dibatasi untuk mengembangkan produk saja. Berdasarkan tahapan model 4-D, penelitian dilaksanakan hingga tahap pengembangan atau hanya sampai validasi dari ahli. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari satu orang ahli isi (satu orang dosen fisika), satu orang dosen sebagai ahli media (satu orang dosen fisika), dan satu orang sebagai ahli desain (satu orang dosen fisika). Data yang terkumpul meliputi data validasi uji ahli isi, data validasi uji ahli media, dan data validasi uji ahli desain. Seluruh data yang diperoleh menurut sifatnya dapat menjadi dua kelompok yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari data bagian angket tertutup yang ada pada angket subjek uji coba. Data kualitatif diperoleh melalui angket terbuka yang ada pada angket subjek uji coba dan observasi terhadap pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi android yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dengan kategori valid oleh ahli isi yaitu sebesar 3,8, (2) media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi android yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dengan kategori valid oleh ahli media yaitu sebesar 4,1, (3) media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi android yang dikembangkan telah memenuhi syarat validitas dengan kategori valid oleh ahli desain yaitu sebesar 3,72.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran fisika, aplikasi android, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Kadek Yudi Ari Juliadi
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:02
Last Modified: 20 Oct 2020 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item