Riastama, Putu Yogin (2019) THE EFFECTIVENESS OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE ON WRITING SKILL DESCRIPTIVE TEXT AT SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 1 BANJAR IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021235 - COVER.pdf Download (481kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021235 - ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021235 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021235 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1512021235 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
15120210235 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021235 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021235 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (381kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021235 - LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah penggunaan Teknik Pemetaan Pikiran memberikan perbedaan yang signifikan pada prestasi menulis siswa kelas tujuh bila dibandingkan dengan strategi konvensional dalam menulis teks deskriptif di SMP Negeri 1 Banjar pada tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan posttest-only control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B dan kelas VII F, dimana kelas VII B yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII F terdiri dari 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menulis posttest, rubrik penilaian, dan skenario pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan SPSS 2.4 untuk Windows. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 71,91, sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 64,31. Ini berarti bahwa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol dalam hal pencapaian penulisan mereka. Selain itu, nilai t-obs (Sig (2-tailed)) adalah 0,000. Karena nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 (p <0,05), null hipotesis (Ho) ditolak, yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang diajar dengan Teknik Pemetaan Pikiran dan kelompok kontrol yang diajar dengan Teknik Konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Teknik Pemetaan Pikiran lebih efektif untuk mengajar teks deskriptif di kelas tujuh SMP Negeri 1 Banjar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemetaan Pikiran, konvensional, Teks Deskriptif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Yogin Riastama |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 07:47 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 07:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/415 |
Actions (login required)
View Item |