Dewi, Raden Ayu Trivia Frida (2020) Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041018-COVER.pdf Download (416kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041018-ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041018-LAMPIRAN.pdf Download (759kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan validitas instrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD. (2) mengetahui dan mendeskripsikan reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrument kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar. Sementara menurut pengamatan di lapangan, siswa hanya diajarkan teori/definisi/teorema, kemudian diberikan contoh-contoh dan selanjutnya diberikan soal-soal latihan, sehingga pemahaman siswa tentang konsep sangat lemah dan sering kali siswa mengalami kesulitan matematika, sehingga akan membuat siswa menjadi pribadi yang pasif dan kurang termotivasi dalam mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa harus memiliki motivasi. Kekuatan mental untuk menjadi berprestasi melalui belajar. Kekuatan mental itu dapat berupa ketekunan dalam belajar, ulet dalam menghadapi kesulitan, minat perhatian dalam belajar, dan mandiri dalam belajar. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu instrument penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dengan menggunakan teknik tes pilihan ganda dan metode non tes dengan menggunakan teknik kuesioner atau angket. Metode analisis data digunakan uji validitas instrumen indeks CVR dari Lawshe dan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan teknik formula KR20 dan Alpha Cronbach. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 0,75 berada pada kategori sangat baik dan sangat layak digunakan. (2) Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat validitas isi dengan nilai 1.00 yang dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpres dengan nilai 0,94 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. (4) Instrumen motivasi belajar yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas ekpres dengan nilai 0,98 dengan kategori sangat tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Instrumen, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Raden Ayu Trivia Frida Dewi |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 06:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 06:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4195 |
Actions (login required)
View Item |