ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

DEWI, LUH PUTU RATNA (2020) ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041004_COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041004_ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041004-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keintegrasian muatan pelajaran pada: 1) materi pembelajaran, 2) rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, 3) rancangan penilaian, 4) rancangan media dan sumber belajar sekolah dasar kelas I tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah cheklist. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat keintegrasian muatan pelajaran pada materi pembelajaran dengan persentase 94.8% kategori sangat baik dan cenderung terintegrasi secara multidisipliner, 2) terdapat keintegrasian muatan pelajaran pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan persentase 83,5% kategori baik dan cenderung terintegrasi secara intradisipliner, 3) terdapat keintegrasian muatan pelajaran pada rancangan penilaian dengan persentase 95,8% kategori sangat baik dan cenderung terintegrasi secara intradisipliner, 4) terdapat keintegrasian muatan pelajaran pada rancangan media dan sumber belajar dengan persentase 89,7% kategori sangat baik dan terintegrasi secara intradisipliner.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keintegrasian, Muatan Pelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Putu Ratna Dewi
Date Deposited: 21 Oct 2020 11:23
Last Modified: 21 Oct 2020 11:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4207

Actions (login required)

View Item View Item