PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN DARING UNTUKN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 7 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2019/2020

SUTRISNO, SUTRISNO (2020) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN DARING UNTUKN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 7 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1313021046-COVER.pdf

Download (763kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1313021046-ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1313021046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1313021046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1313021046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313021046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1313021046-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313021046-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1313921046-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prestasi belajar siswa masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan yaitu guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Solusi dari permasahan ini adalah dengan menerapkan model Kooperatif Tipe STAD. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD menggunakan daring pada pembelajaran fisika siswa kelas XI MIPA 7 di SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian semua siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 33 orang. Objek .penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai objek tindakan dan prestasi belajar sebagai objek pengamatan. Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yang terbagi menjadi 4 tahap kegiatan, yaitu 1) perencanaan; 2) tindakan; 3) observasi/evaluasi; dan 4) refleksi. instrumen yang dipakai pada penelitian ini yaitu tes esai pada prestasi belajar siswa serta angket untuk tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai rata – rata siswa yang mengalami peningkatan, dimana rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 71,82 dengan kategori baik, standar deviasi sebesar 5,70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60,61%. dan pada siklus II sebesar 85,91 dengan kategori sangat baik, standar deviasi sebesar 6,90 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,94%. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Fisika berkategori baik dengan skor rerata 79,88 dan standar deviasi sebanyak 2,55 ( ) berkualifikasi positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sutrisno
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:47
Last Modified: 21 Oct 2020 01:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4215

Actions (login required)

View Item View Item