Suandita, I Made (2020) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DENGAN SOFTWARE WONDERSHARE FILMORA DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK N 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011055-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011055-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011055- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text
1612011055-LAMPIRAN.pdf Download (672kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan penggunaan media, (2) kendala yang dihadapi guru saat menggunakan media, (3) upaya guru dalam mengatasi kendala menggunakan media video dengan Softwere Worndershere Filmora pada pembelajaran Teks Negosiasi siswa kelas X SMKN 2 Singaraja. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMK N 2 Singaraja. Objek penelitian yaitu perencanaan, kendala, dan upaya guru mengatasi kendala terhadap penggunaan media video dalam pembelajaran Teks Negosiasi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan motode dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan penggunaan media disusun sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013, (2) kendala yang dihadapi guru saat menggunakan media adalah kekurangan waktu dan sulit pengontrol siswa, (3) upaya guru dalam mengatasi kendala menggunakan media adalah mengatur waktu tayang video dan mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Peneliti penyarankan (1) hendaknya guru tetap memertahankan bahkan meningkatkan penggunaan media, (2) siswa perlu menjadikan proses pembelajaran sebagai kegiatan yang menyenangkan, (3) sekolah, khususnya kepala sekolah perlu memberikan perhatian kepada guru untuk mengikuti pelatihan terkait media pembelajaran, (4) peneliti lain hendaknya melakukan penelitian sejenis dengan kajian yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media, pembelajaran, teks negosiasi |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | I MADE SUANDITA |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 06:16 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 06:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4247 |
Actions (login required)
View Item |