Penggunaan Karikatur Kritik Sosial Harian Tribun Bali sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Opini Siswa Di Kelas XII IPS SMAN 1 Singaraja

Warina, Warina (2020) Penggunaan Karikatur Kritik Sosial Harian Tribun Bali sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Opini Siswa Di Kelas XII IPS SMAN 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011069-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011069-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011069-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran menulis opini dengan penggunaan media karikatur kritik sosial dalam Tribun Bali pada siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singaraja, (2) peningkatan kemampuan siswa menulis opini melalui karikatur kritik sosial dalam Tribun Bali sebagai media pembelajaran di kelas XII IPS SMAN 1 Singaraja, (3) respon siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singaraja terhadap penggunaan media karikatur kritik sosial dalam Tribun Bali dalam pembelajaran menulis opini. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah pembelajaran menulis opini dengan penggunaan media karikatur kritik sosial dalam Tribun Bali, kemampuan menulis opini siswa menggunakan media karikatur kritik sosial harian Tribun Bali, dan respon siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singaraja terhadap penggunaan media karikatur kritik sosial dalam Tribun Bali dalam pembelajaran menulis opini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan kuisioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada langkah-langkah yang tepat pada pembelajaran menulis opini dengan menggunakan media karikatur kritik sosial harian Tribun Bali pada siswa kelas XII IPS SMAN 1 Singaraja. Pertama untuk mengurangi rasa bosan siswa, guru mengatur bahan materi yang akan disampaikan secara singkat dan sesekali mengaitkan materi dengan hal menarik perhatian siswa, seperti halnya rumor. Kedua untuk memancing siswa berbicara, guru langsung menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan. Ketiga, guru menjelaskan secara maksimal dengan cara pelan-pelan dan sesekali memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Keempat, guru mewajibkan siswa memiliki kamus PUEBI, (2) keterampilan menulis opini siswa meningkat setelah menggunakan media karikatur kritik sosial harian Tribun Bali, (3) rata-rata siswa memberikan respon posititf terhadap penggunaan media karikatur kritik sosial harian Tribun Bali. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan karikatur kritik sosial harian Tribun Bali mampu meningkatkan kemampuan menulis opini siswa di kelas XII SMAN 1 Singaraja. Kata kunci: menulis opini, karikatur kritik sosial, media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis opini, karikatur kritik sosial, media pembelajaran,
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Warina
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:42
Last Modified: 21 Oct 2020 06:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4251

Actions (login required)

View Item View Item