ARISKA, NI KADEK LILIK (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041006-COVER.pdf Download (179kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041006-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041006-LAMPIRAN.pdf Download (430kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) validitas instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD, (2) validitas instrumen self efficacy pada siswa kelas V SD, (3) reliabilitas instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD, (4) reliabilitas instrumen self-efficacy pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada saat penelitian ini dilakukan terjadi pandemi Covid-19 yang dapat mengancam kesehatan dan keselamatan maka tahap disseminate tidak dapat dilakukan dan penelitian hanya sampai pada tahap develop saja. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgements oleh para ahli dan praktisi serta dianalisis mengggunakan cvr dan cvi. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil perhitungan CVR dari 10 butir instrumen terdapat 8 instrumen yang valid dengan CVI sebesar 0,76. Sedangkan hasil perhitungan CVR dari 30 butir instrumen terdapat 26 instrumen yang valid dengan CVI sebesar 0,81, (2) Hasil uji reliabilitas instrumen kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh hasil sebesar 0,76 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik). Sedangkan hasil uji reliabilitas instrumen self efficacy diperoleh hasil 0,71 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah matematika, self-efficacy |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Kadek Lilik Ariska |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 06:13 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 06:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4269 |
Actions (login required)
View Item |