PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD

SUARSIH, NI GUSTI AYU (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (ABSTRAK)
1829041042-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (603kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf

Download (545kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041042-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (COVER)
1829041042-COVER.pdf

Download (663kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen hasil belajar matematika dan kecemasan belajar siswa sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan guru yang memiliki instrumen penilaian hanya tercakup dalam buku siswa sebagai pedoman penilaian kognitif dan guru belum memiliki instrumen penilaian hasil belajar matematika dan kecemasan belajar siswa yang terstruktur dan baik. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu instrumen penilaian hasil belajar matematika dan kecemasan belajar siswa yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan instrumen hasil belajar matematika dan kecemasan belajar menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dessiminate. Mengingat uji lapangan tidak bisa dilakukan pada masa pandemic Covid-19 ini, maka pengembangan instrumen penilaian hanya dilakukan sampai dengan pada tahap development. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang pakar yaitu dua pakar dari dosen dan tiga pakar dari guru. Analisis data yang digunakan pada uji validitas adalah uji CVR dan CVI. Uji reliabilitas untuk hasil belajar matematika menggunakan rumus KR-20 sedangkan uji reliabilitas untuk kecemasan belajar menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dari hasil belajar matematika untuk 30 item soal dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas tinggi. Sedangkan untuk kecemasan belajar siswa dari 40 item pertanyaan dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Kecemasan Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Gusti Ayu Suarsih
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:51
Last Modified: 22 Oct 2020 06:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4274

Actions (login required)

View Item View Item