Analysis of the Existence of Critical Thinking Ability and Processes in English Lesson Plans of Grade VIII

Agung Money, I Gusti Ayu (2020) Analysis of the Existence of Critical Thinking Ability and Processes in English Lesson Plans of Grade VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021168-COVER.pdf

Download (393kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021168-ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021168- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021168-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612021168-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENAMBAHAN)
1612021168-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021168-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021168-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021168- LAMPIRAN.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan proses dan kemampuan berpikir kritis dalam RPP Bahasa Inggris yang dibuat oleh guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Sidemen, SMP Negeri 2 Sidemen, dan SMP Negeri 3 Sidemen. Desain penelitian deskriptif kualitatif. Tiga guru bahasa Inggris kelas VIII dipilih sebagai subjek penelitian ini. Dokumen, observasi, wawancara dan checklist digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis dokumen dan checklist digunakan untuk mendeskripsikan keberadaan kemampuan berpikir kritis dan proses yang diteliti dalam RPP yang dibuat oleh guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Sidemen, SMP Negeri 2 Sidemen, dan SMP Negeri 3 Sidemen. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat karakteristik kemampuan berpikir kritis yang terdapat dalam RPP yaitu interpretation, analyzing, evaluating, making inference, explaining dan self-regulation dalam kompetensi inti & indikator. Interpretation, analyzing, evaluating, making inference, explaining and self-regulation juga muncul dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan dalam penilaian, karakteristik yang muncul adalah interpretation, analyzing and making inference. Begitu pula untuk karakteristik proses berpikir kritis, karakteristik yang muncul pada core competency & indikator adalah describing, reflecting, analyzing, reasoning, identifying and create. Dalam kegiatan belajar mengajar, karakteristik yang muncul adalah describing, reflecting, analyzing, critiquing, reasoning, evaluating, identifying, define, list, self-correct and create. Dalam penilaian karakteristik yang muncl yaitu analyzing, reasoning, identifying and create. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Proses Berpikir Kritis, RPP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Proses Berpikir Kritis, RPP
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I GUSTI AYU AGUNG MONEY
Date Deposited: 21 Oct 2020 15:49
Last Modified: 21 Oct 2020 15:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item