PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

Suwandha Jaya, I Made (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041036-COVER.pdf

Download (699kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041036-ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041036-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suwandha Jaya, I Made (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Dr. I Made Gunamantha, S.T., M.M. Kata-kata kunci: instrumen pengukur, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) validitas isi instrument kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA; 2) reliabilitas instrument kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Tahapan model Borg & Gall meliputi: pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi desain dan revisi, uji coba lapangan (kelompok kecil), penyempurnan produk hasil uji coba lapangan, uji coba lapangan (kelompok besar), penyempurnaan produk hasil, dan implementasi, namun pelaksaan nya hanya sampai pada tahap validasi desain dan revisi. Subyek dalam penelitian ini adalah (1) Ahli, untuk memvalidasi kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan materi. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes berpikir kritis dalam bentuk essay. Data validitas dan reliabilitas yang telah terkumpul dianalisis menggunakan CVR dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) untuk instrument berpikir kritis, berdasarkan uji ahli terdapat 24 butir instrument yang valid dengan rentang nilai 0,60 ≤ vy ≤ 1,00 dan 1 soal dinyatakan tidak valid. (2) Hasil uji reliabilitas instrument sebesar 0,9 berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen kemampuan berpikir kritis yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen pengukur, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Made Suwandha Jaya
Date Deposited: 22 Oct 2020 12:00
Last Modified: 22 Oct 2020 12:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item