Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Humanistik Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD

Harta, Juni (2020) Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Humanistik Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041011-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041011-ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041011-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Harta, Juni (2020), Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Humanistik pada Pembelajaran IPA kelas V SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I.B. Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II : Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S.Kons. Kata-kata kunci: berpikir kritis, literasi humanistik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrument kemampuan berpikir kritis dan literasi humanistik pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) dengan desain penelitian 4D (four-D). Subyek pada penelitian pengembangan ini meliputi 2 dosen ahli dan 3 praktisi (guru). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik penilaian judges. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus lawshe dan alpha cronbach , diperoleh hasil penelitian bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,88 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (2) Instrumen literasi humanistik yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,86 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,674 dengan kategori tinggi, (4) Instrumen literasi humanistik yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,656 dengan kategori tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, literasi humanistik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Juni Harta
Date Deposited: 22 Oct 2020 01:53
Last Modified: 22 Oct 2020 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item View Item