Harta, Juni (2020) Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Humanistik Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1829041011-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041011-ABSTRAK.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041011-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Harta, Juni (2020), Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Humanistik pada Pembelajaran IPA kelas V SD. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I.B. Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II : Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S.Kons. Kata-kata kunci: berpikir kritis, literasi humanistik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrument kemampuan berpikir kritis dan literasi humanistik pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) dengan desain penelitian 4D (four-D). Subyek pada penelitian pengembangan ini meliputi 2 dosen ahli dan 3 praktisi (guru). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik penilaian judges. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus lawshe dan alpha cronbach , diperoleh hasil penelitian bahwa: (1) Instrumen kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,88 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (2) Instrumen literasi humanistik yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan nilai 0,86 dengan kategori sangat baik dan sangat layak digunakan, (3) Instrumen berpikir kritis yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,674 dengan kategori tinggi, (4) Instrumen literasi humanistik yang dikembangkan memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai 0,656 dengan kategori tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, literasi humanistik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Juni Harta |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 01:53 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 01:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4300 |
Actions (login required)
View Item |