Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja Pada Materi Hidrolisis Garam Tahun Ajaran 2019/2020

Somantika, Komang Emma (2020) Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja Pada Materi Hidrolisis Garam Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613031019-COVER.pdf

Download (842kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613031019-ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613031019-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kesulitan belajar kimia siswa dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 117 orang siswa dari seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Singaraja dan 2 orang guru kimia kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa dan informasi mengenai faktor-faktor penyebab kesulitan belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar siswa dalam memahami materi hidrolisis garam untuk masing-masing indikator berada pada rentangan rendah sampai sedang. Sebaran tingkat kesulitan belajar siswa pada indikator mengidentifikasi perubahan warna indikator lakmus merah dan lakmus biru dalam beberapa larutan garam, memahami penjelasan tentang kesetimbangan ion dalam larutan garam, menyimpulkan sifat asam-basa dari suatu larutan garam, dan menentukan pH larutan garam, masing-masing adalah sebesar 46,72% (sedang), 45,83% (sedang), 37,83% (rendah), dan 49,67% (sedang). (2) Faktor internal penyebab kesulitan belajar kimia meliputi lemahnya pemahaman siswa terhadap materi prasyarat hidrolisis garam, pemahaman siswa terhadap konsep-konsep hidrolisis garam yang masih rendah, kemampuan matematika siswa masih rendah, minat belajar kimia siswa yang rendah, dan motivasi belajar kimia siswa yang rendah. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar kimia meliputi pengaruh negatif teman sebaya, waktu pembelajaran di sekolah, dan fasilitas pendukung proses pembelajaran materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: faktor penyebab kesulitan, hidrolisis garam, kesulitan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Komang Emma Somantika
Date Deposited: 22 Oct 2020 01:22
Last Modified: 22 Oct 2020 01:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item