PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Seputra, I Ketut Wahyudi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031307-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031307-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031307-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031307-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031307-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031307-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031307-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031307-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031307-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semua atau quasi experiment dengan disain nonequivalent post-test only control group designe. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas V yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu SD Negeri 2 Bila sebanyak 11 siswa dan dari kelas kontrol yaitu SD Negeri 2 Bengkala sebanyak 14 siswa yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan menggunakan metode tes dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 butir. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Take and Give berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA dengan hasil uji-thitung = 3,29 > ttabel = 1,714). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaeran take and give berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus III Kecamatan Kubutambahan, kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: take and give, mind mapping, hasil belajar IPA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Ketut Wahyudi Seputra
Date Deposited: 22 Oct 2020 00:43
Last Modified: 22 Oct 2020 00:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item