Putri, Ni Putu Krismayanti Sentana (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SD Kelas IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031247-COVER.pdf Download (459kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031247-ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031247-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (115kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031247-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031247-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031247-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031247-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031247-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031247-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan instrumen, menguji validitas instrumen, dan mengetes reliabilitas instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4 D, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan atau desain (design), tahap pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah adalah wawancara, pencatatan dokumen, angket, dan tes. Berdasarkan metode pengumpulan data, maka instrumen yang digunakan adalah jurnal atau agenda, lembar kuesioner atau angket, dan perangkat tes hasil belajar. Data yang terkumpul dari instrumen, dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif, analisis data deskriptif kuantitatif, produk moment, dan analisis statistik KR-20. Hasil penelitian ini adalah 1) tahapan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika materi bangun datar, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli matematika dengan nilai rata-rata 34,46 sehingga dikategorikan “baik”, dan produk ini sudah diuji cobakan kepada siswa kelas IV sebanyak 25 soal dengan hasil 20 soal valid dan 5 soal tidak valid, 3) produk ini sudah diuji reliabilitasnya yaitu 0,94 dengan kategori “reliabel sangat tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Oleh sebab itu, instrumen ini disarankan untuk digunakan jika hendak mengukur hasil belajar matematika pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU KRISMAYANTI SENTANA PUTRI |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 09:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 09:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4355 |
Actions (login required)
View Item |