Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SD Kelas IV

Putri, Ni Putu Krismayanti Sentana (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SD Kelas IV. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031247-COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031247-ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031247-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031247-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031247-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031247-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031247-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031247-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031247-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan instrumen, menguji validitas instrumen, dan mengetes reliabilitas instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4 D, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan atau desain (design), tahap pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah adalah wawancara, pencatatan dokumen, angket, dan tes. Berdasarkan metode pengumpulan data, maka instrumen yang digunakan adalah jurnal atau agenda, lembar kuesioner atau angket, dan perangkat tes hasil belajar. Data yang terkumpul dari instrumen, dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif, analisis data deskriptif kuantitatif, produk moment, dan analisis statistik KR-20. Hasil penelitian ini adalah 1) tahapan pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika materi bangun datar, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli matematika dengan nilai rata-rata 34,46 sehingga dikategorikan “baik”, dan produk ini sudah diuji cobakan kepada siswa kelas IV sebanyak 25 soal dengan hasil 20 soal valid dan 5 soal tidak valid, 3) produk ini sudah diuji reliabilitasnya yaitu 0,94 dengan kategori “reliabel sangat tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa. Oleh sebab itu, instrumen ini disarankan untuk digunakan jika hendak mengukur hasil belajar matematika pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU KRISMAYANTI SENTANA PUTRI
Date Deposited: 22 Oct 2020 09:02
Last Modified: 22 Oct 2020 09:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item