Krismony, Ni Putu Aprilia (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Gugus II Majapahit Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031268-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031268-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031268-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031268-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031268-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031268-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031268-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031268-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031268-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Motivasi menjadi bagian penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran IPA. Namun pada kenyataanya alat untuk mengukur motivasi siswa keberadaanya masih sangat kurang. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian motivasi belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi. Subjek dari penelitian ini yaitu instrumen penilaian motivasi belajar. Instrumen penilaian motivasi belajar IPA diuji oleh pakar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis, instrumen penilaian motivasi belajar IPA yang dikembangkan ini memiliki nilai validitas yang sangat baik, yaitu 0,85. Sedangkan derajat reliabilitasnya tinggi, yaitu 0,80. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian motivasi belajar IPA yang telah dikembangkan teruji valid dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk mengukur motivasi belajar IPA. Implikasi penelitian ini adalah melalui instrumen motivasi yang dikembangkan ini, guru dapat menerapkannya dalam mengukur tingkat motivasi belajar siswa untuk dijadikan patokan dalam pengambilan tindakan selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Aprilia Krismony |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 06:07 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 06:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4358 |
Actions (login required)
View Item |