PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS STEM DENGAN PENUGASAN BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS VIII MENGWI

Sutharyana Tubuh Wibawa, I Putu Gede (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS STEM DENGAN PENUGASAN BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP PARTISIPASI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS VIII MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041033-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041033-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041033-LAMPIRAN.pdf

Download (978kB)

Abstract

Wibawa, I Putu Gede Sutharyana Tubuh (2020), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis STEM dengan Penugasan Berbantuan Aplikasi Whatsapp Terhadap Partisipasi Orang Tua dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus VIII Mengwi. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc., Ph.D. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons. Kata-kata kunci: inkuiri, STEM, penugasan, aplikasi Whatsapp, partisipasi orang tua, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan partisipasi orang tua dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis STEM dengan penugasan berbantuan aplikasi Whatsapp dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain single factor independent groups. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus VIII Mengwi yang terdiri dari 255 siswa. Sebanyak dua kelas yang terdiri dari 50 siswa dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Data partisipasi orang tua dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan ANAVA satu jalan dan MANOVA satu jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan partisipasi orang tua antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis STEM dengan penugasan berbantuan aplikasi Whatsapp dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis STEM dengan penugasan berbantuan aplikasi Whatsapp dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) terdapat perbedaan partisipasi orang tua dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbasis STEM dengan penugasan berbantuan aplikasi Whatsapp dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: inkuiri, STEM, penugasan, aplikasi Whatsapp, partisipasi orang tua, hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Putu Gede Sutharyana Tubuh Wibawa
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:41
Last Modified: 22 Oct 2020 06:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item View Item