PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS V SD

CAHYA, PUTU DARA MANGKU RILA (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1829041049-COVER.pdf

Download (456kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041049-ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041049-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan guna menghasilkan instrumen yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan numerik dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Instrumen kemampuan numerik disusun berdasarkan dimensi serta indikator kemampuan numerik yang terdiri dari perhitungan secara matematis, berpikir logis, pemecahan masalah, dan mengenali pola-pola numerik serta hubungan-hubungannya sedangkan instrumen hasil belajar matematika disusun berdasarkan kompetensi dasar dan indikator yang berkaitan dengan materi pengolahan data. Instrumen disajikan dalam bentuk tes pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal dengan 4 pilihan jawaban. Kerangka konsep pengembangan instrumen mencakup tahapan analisis kebutuhan, analisis teoritik, menyusun kisi-kisi, mengimplementasikan kisi-kisi menjadi butir soal, dan validasi. Model pengembangan yang diimplementasikan adalah model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Disebabkan karena masa pandemic Covid-19, maka tahap dissemination yang mana seharusnya dilakukan validasi lapangan tidak bisa dilakukan. Proses validasi instrumen dilakukan berupa uji validitas isi (content) dengan teknik Lawshe untuk menghitung Content Validity Ratio (CVR), dan uji reliabilitas oleh expert dengan menggunakan rumus KR20. Tim expert melibatkan 3 orang dosen ahli dan 3 orang guru kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh butir soal pada instrumen kemampuan numerik memiliki validitas isi dengan nilai CVR = 0,67, CVI = 0,67 dan reliabilitas yang tinggi dengan nilai ri = 0,85. Hasil instrumen hasil belajar matematika juga memiliki validitas isi dengan nilai CVR = 0,67 dan reliabilitas yang tinggi dengan nilai ri = 0,81.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kemampuan numerik, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Dara Mangku Rila Cahya
Date Deposited: 22 Oct 2020 07:25
Last Modified: 22 Oct 2020 07:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item