Suyani, Komang (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VII KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031344-COVER.pdf Download (545kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031344-ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031344-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1611031344-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031344-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031344-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031344-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031344-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031344-LAMPIRAN.pdf Download (858kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Discovery Learning berbasis lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA siswa kelas IV sekolah dasar di gugus VII Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah development research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Metode dalam penelitian ini adalah non tes dengan memberikan kuesioner untuk memeroleh penilaian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh pakar dan hanya dilakukan penyebaran rencana pelaksanaan pembelajaran pada wali kelas tanpa melaksanakan uji coba, diperoleh hasil: validitas rencana pelaksanaan pembelajaran pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan yakni validitas rencana pelaksanaan pembelajaran dinyatakan valid. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi serta dapat melakukan penelitian lebih mendalam tentang pengembangan perangkat pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Discovery Learning, Lingkungan, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Suyani |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 22:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 22:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4384 |
Actions (login required)
View Item |