Wiraputra, I Putu Fredy Andi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus II Majapahit Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031277-COVER.pdf Download (417kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031277-ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031277-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031277-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031277-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031277-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031277-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031277-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031277-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV Gugus II Majapahit Kecamatan Pekutatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 145 orang kelas IV Gugus II Majapahit Kecamatan Pekutatan dan sampel penelitian yaitu kelas IV SDN 1 Gumbrih yang berjumlah 25 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 4 Pekutatan yang berjumlah 23 sebagai kelas kontrol, Jumlah keseluruhan sampel adalah 48 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Data aktivitas belajar dikumpulkan menggunakan metode non tes berupa lembar observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test aktivitas belajar kelompok eksperimen adalah 89,200. Sedangkan rata-rata nilai post test aktivitas belajar kelompok kontrol adalah 74,130. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh nilai thitung =7,040 dan ttabel yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan db = 46 adalah 1,690. Ini berarti thitung (7,040) > ttabel (1,690), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan mind mapping terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas IV Gugus II Majaphit Kecamatan Pekutatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, mind mapping, aktivitas belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Fredy Andi Wiraputra |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 10:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 10:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4417 |
Actions (login required)
View Item |