Sarmiasih, Ni Luh Gede (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041029-COVER.pdf Download (980kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041029-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041029-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sarmiasih, N.L.G (2020). “Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD ”. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I Prof. Dr. IB Putrayasa, dan pembimbing II Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. Kata kunci: pengembangan instrumen; keterampilan berpikir kreatif; hasil belajar IPA. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (a) memperoleh instrumen keterampilan berpikir kreatif yang valid dan reliabel; (b) memperoleh instrumen hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Research dan Develeopment (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (four D) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) tidak dilakukan. Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan reliabilitas instrumen keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA. Data validitas dianalisi dengan CVR, sedangkan reliabilitas dianalisis dengan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji ahli sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru. Instrumen keterampilan berpikir kreatif berbentuk kuesioner terdiri dari 40 pernyataan. Berdasarkan hasil dari perhitungan CVR, didapatkan 36 soal valid dan 4 soal yang tidak valid. Perhitungan reliabitas instrumen menurut expert instrumen keterampilan berpikir kreatif pada siswa kelas V SD yaitu sebesar r11 = 0,78 (terkatagori tinggi). Instrumen kedua yaitu hasil belajar IPA berupa soal tes objektif pilihan ganda sebanyak 35 butir. Berdasarkan hasil perhitungan CVR diperoleh 34 butir instrumen yang valid dan 1 instrumen yang tidak valid. Perhitungan instrumen menurut expert instrumen hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD yaitu sebesar r11 = 0,85 (kategori sangat tinggi).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan instrumen; keterampilan berpikir kreatif; hasil belajar IPA. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Sarmiasih |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 14:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 14:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4420 |
Actions (login required)
View Item |