PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Edwin Pradipta, I Dewa Bagus Putu (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041025-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041025-ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041025-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pradipta, I Dewa Bagus Putu Edwin (2020), Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Matematika Pada Materi Geometri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I : Prof. Drs Sariyasa, M.Sc., Ph.D dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd Kata-kata kunci: pengembangan instrumen, kemampuan berpikir kreatif, literasi matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) validitas isi instrumen kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika; 2) reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahapan model ADDIE meliputi: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data yang dikumpulkan berupa data kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika. Data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes berpikir kreatif dalam bentuk essay, sedangkan data literasi matematika dikumpulkan tes literasi matematika dalam bentuk pilihan ganda. Data validitas dan reliabilitas yang telah terkumpul dianalisis menggunakan CVR dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Untuk instrumen kemampuan berpikir kreatif, berdasarkan uji ahli terdapat 10 soal yang dinyatakan valid dengan 0,60 ≤ vy ≤ 1,00. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,82 berada pada kategori sangat tinggi; 2) Untuk instrumen literasi matematika, berdasarkan uji ahli terdapat 18 soal yang valid dengan 0,60 ≤ vy ≤ 1,00 dan 3 soal dinyatakan tidak valid dari 21 soal yang diuji. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,81 berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen kemampuan berpikir kreatif dan literasi matematika yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, kemampuan berpikir kreatif, literasi matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Dewa Bagus Putu Edwin Pradipta
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:49
Last Modified: 23 Oct 2020 13:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4438

Actions (login required)

View Item View Item