SULAKSANA, YANDE TERSA (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI IPA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041047-COVER.pdf Download (679kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041047-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829041047-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
1829041047-BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829041047-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041047-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1829041047-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (391kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041047-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA dan kemandirian belajar pada siswa kelas V SD yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas sebagai alat ukur. Penelitian menggunakan penelitian pengembangan instrumen dengan mengadaptasi model 4-D oleh Thiagarajan, memiliki 4 tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun pengembangan instrument tidak sampai pada tahap penyebaran (disseminate), mengingat uji lapangan tidak bisa dilakukan pada masa pandemic Covid-19. Subjek penelitian ini adalah lima orang pakar yaitu dua pakar dari dosen dan tiga pakar dari guru. Metode analisis data pada uji validitas menggunakan uji CVR dan CVI. Uji reliabilitas untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA menggunakan rumus KR-21 sedangkan, uji reliabilitas kemandirian belajar dengan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian diperoleh adalah terwujudnya produk instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA untuk 40 butir soal dinyatakan valid diperoleh adalah 1,00 dan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,99. Sedangkan untuk instrumen kemandirian belajar 30 butir pertanyaan yang sudah memenuhi kriteria valid sebesar 1,00, dan reliabilitasnya sangat tinggi yaitu 0,86.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi IPA, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Yande Tersa Sulaksana |
Date Deposited: | 25 Oct 2020 05:28 |
Last Modified: | 25 Oct 2020 05:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4467 |
Actions (login required)
View Item |