PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI IPA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD

SULAKSANA, YANDE TERSA (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI IPA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041047-COVER.pdf

Download (679kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041047-ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829041047-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
1829041047-BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829041047-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041047-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1829041047-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041047-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA dan kemandirian belajar pada siswa kelas V SD yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas sebagai alat ukur. Penelitian menggunakan penelitian pengembangan instrumen dengan mengadaptasi model 4-D oleh Thiagarajan, memiliki 4 tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun pengembangan instrument tidak sampai pada tahap penyebaran (disseminate), mengingat uji lapangan tidak bisa dilakukan pada masa pandemic Covid-19. Subjek penelitian ini adalah lima orang pakar yaitu dua pakar dari dosen dan tiga pakar dari guru. Metode analisis data pada uji validitas menggunakan uji CVR dan CVI. Uji reliabilitas untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA menggunakan rumus KR-21 sedangkan, uji reliabilitas kemandirian belajar dengan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian diperoleh adalah terwujudnya produk instrumen tes keterampilan berpikir tingkat tinggi IPA untuk 40 butir soal dinyatakan valid diperoleh adalah 1,00 dan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,99. Sedangkan untuk instrumen kemandirian belajar 30 butir pertanyaan yang sudah memenuhi kriteria valid sebesar 1,00, dan reliabilitasnya sangat tinggi yaitu 0,86.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi IPA, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Yande Tersa Sulaksana
Date Deposited: 25 Oct 2020 05:28
Last Modified: 25 Oct 2020 05:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4467

Actions (login required)

View Item View Item