Sintia, Made Diana (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTIKA VII-1 UDAYANA DENPASAE TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (Cover)
1611061009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (Abstrak)
1611061009-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
1611061009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Teori)
1611061009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1611061009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Dan Pembahasan)
1611061009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
1611061009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
1611061009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text (Lampiran)
1611061009-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran big puzzle untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B TK Kartika VII-1 Udayana Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, revisi desain, dan tahap uji coba produk. dalam penelitian pengembangan ini melibatkan ahli materi, ahli media sebagai validator. Subyek pada penelitian ini adalah guru TK Kartika VII-1 Udayana Denpasar. Hasil Uji coba yang dilakukan oleh validator ahli materi dengan presentase sebesar 84.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Validator ahli media dengan presentase skor 93.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Subyek dalam penelitian ini adalah enam orang guru TK Kartika VII-1 Udayana Denpasar, memberikan respon penggunaan media dengan presentase 92.00% dengan keterangan sangat baik. berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dinyatakan bahwa media pembelajaran big puzzle yang telah dikembangkan dapat digunakan di sekolah taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak. Kata kunci : Kemampuan Kerjasama, Media Pembelajaran, , Big Puzzle
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Made Diana Sintia |
Date Deposited: | 25 Oct 2020 11:35 |
Last Modified: | 25 Oct 2020 11:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4472 |
Actions (login required)
View Item |