Mardani, Ni Ketut (2020) PENGARUH MODEL PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUKASADA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829091003-COVER.pdf Download (498kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829091003-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829091003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829091003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829091003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829091003-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan (1) perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dengan model konvensional dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada, (3) perbedaan secara simultan antara motivasi dan hasil belajar siswa yang mengikuti model konvensional dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Ekserimen Semu (Quasi Eksperimen) dan desain yang digunakan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah empat kelas VIII dengan sampel penelitian adalah kelas VIIIC dan VIIID yang ditentukan denga teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket /kuesioner, tes dan observasi. Uji hipotesis menggunakan Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Adanya perbedaan motivasi siswa antara yang mengikuti model pembelajaran PBL dengan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada dengan F hitung=7,701 dan memiliki nilai signifikansi 0,007 (2) adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada dengan F hitung sebesar40,205 dan memiliki nilai signifikansi 0,000 (3) adanya perbedaan motivasi dan hasil belajar secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran PBL dengan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada dengan F hitung berdasarkan tabel diperoleh nilai F Wilks’Lambada=20,462 dan nilai signifikansi =0,000.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Ni Ketut Mardani |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 03:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 03:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4497 |
Actions (login required)
View Item |